Troubleshooting dvd eksternal pada laptop mini


Beberapa hari yang lalu saya lagi nginstall Symantec Antivirus Corporate Edition pada laptop Toshiba 10″ dimana didalamnya telah terinstall os windows 7 starter, berhubung ini laptop didesign tanpa dvd internal, akhirnya penginstalan saya lakukan dengan dvd eksternal.

Ketika USB saya tancapkan dari dvd eksternal ke laptop, aneh bin ajaib hanya lampu power warna kuning yang terlihat sebentar pada dvd eksternal sementara icon  tidak muncul sama sekali pada layar monitor laptop di sebelah kanan…setelah utak-atik sebentar melalui device manager tetap tidak menghasilkan apa-apa.

Lalu dvd external saya cabut dan mencobanya ke2 pc yang berbeda hasilnya tetap sama, lalu saya cabut kembali dan kali ini saya mencoba menghubungkannya ke laptop dengan os windows xp yang sudah terinstall…centrungggg!!! baru berhasil tuh di laptop, lalu dengan sigap saya cabut tuh dvd external yang telah terdeteksi tapi tetap dengan jalur yang benar (Safely Remove Hardware), dan memasangnya kembali laptop toshiba tadi…begitu ditancapkan langsung dengan terdeteksi & penginstalan berjalan dengan sempurna.

Sampai saat ini masih bingung kenapa hal itu bisa terjadi, tetapi untuk sementara bisa digunakan walaupun penyebabnya masih belum ketemu:-).

Published in: on 25 Maret 2010 at 4:10 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://mdpanjaitan.wordpress.com/2010/03/25/troubleshooting-dvd-eksternal-pada-laptop-mini/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

