Saya Punya Nomor Pada Tarombo atau Silsilah


Sebagai seorang keturunan batak, terutama laki-laki sangat penting untuk mengetahui nomor tarombo/silsilah, hal ini sangat berguna apabila kita ketemu dengan yang semarga di perantauan…jika kita tidak mengetahui nomor berapa dan keturunan dari mana kita kepada teman semarga (dongan tubu) tentu pembicaraan akan kurang bersemangat alias hambar. Pernah mengalaminya bukan???.

Nah, jika ada seorang pemuda batak yang mau merantau ke negeri orang, jangan sampai lupa untuk memberikan sedikit pemahaman atas asal-usul atau keturunan anda…memang ada beberapa juga teman-teman yang saya jumpai di perantauan, ketika bersalaman….alangkah senangnya jika ketemu dengan yang semarga…tetapi sedikit kaget…bahhh, massam mana pula ini!!! (tapi pikiran tsb hanya ada dalam hati loh)… dia sudah berkeluarga & telah mempunyai keturunan tetapi untuk menerangkan tarombo dia pada saya…tidak bisa!!!…hmmmm, memang selama ini bertapa dimana saja kawan??? hehehehehehe.

Untuk masalah tarombo tidak melulu diprioritaskan kepada laki-laki, perempuan juga tidak salah untuk mengetahui hal ini, suatu kebanggaan tersendiri apabila seorang perempuan dapat menerangkan asal-usulnya kepada kenalannya yang satu marga atau kepada saudaranya di perantauan.

Nah, Bagaimana dengan anda???

Published in: on 25 Maret 2010 at 11:22 am  Comments (12)  

The URI to TrackBack this entry is: https://mdpanjaitan.wordpress.com/2010/03/25/saya-punya-nomor-pada-tarombo-atau-silsilah/trackback/

RSS feed for comments on this post.

12 KomentarTinggalkan komentar

  1. Horas appara, saya Julius Panjaitan No 16 sekilas melihat tarombomu diatas sampai dengan keturunan No 8 { Tuan Dirumah} sama dengan yg saya punyai, Untuk yg No 9 appara dari Op. Mendur sedangkan saya dari Partanak. Salam kenal ya semoga bisa ketemu nantinya dengan keturunan yang lainnya. Terima kasih

    • Mauliate godang am pra nungga di lehon hamu tikki muna manurathon komentar di blog on, tung massai las situtu roha adong na juppang iba na dakka bah.
      Didia tinggal ni appara poang?

      Molo hami di Duren Sawit Jakarta Timur do bah pra, parnijabu Br Sitorus jala sada dope dakdanak di hami, baoa kalas 5 SD.

      Akkup ni tahe nion no hpku bah: 081386071979
      Pin BB: 7e535db2.

      Mauliate ma

  2. Horas ito, bapauda, bapatua, ompung.
    Saya Pretty Farida br Panjaitan (15), berikut ini adalah silsilah yang diajarkan bapak alm. bapak Pdt. Badia H Panjaitan.
    1. Raja Panjaitan br Hasibuan
    2. Tungonai borngin br Hutapea(I) dan Hasibuan(II)
    3. Jorat Paraliman br Simorangkir
    4. Sanggak nai borngin br Hutapea
    5. Guru Dolok br Silalahi
    6. Toga Raja br Simanjuntak
    7. O.Gani br Silalahi
    8. O.Somba br Siahaan
    9. O.Batuan br Napitupulu
    10. O.Salengkat br….
    11. O.Marhite Dalan br Siahaan
    12. O.Mangatua br Simanjuntak
    13. O.Jalean br Siahaan
    14. Pdt.Badia H Panjaitan br Simangunsong (A ni Pretty Farida/o. Debora)
    15. Tohonan VE Panjaitan, Ferry L Panjaitan, Edward H Panjaitan, Pretty F Panjaitan, Ellys L Panjaitan, Marsinta W Panjaitan.

    Demikian saya sampaikan, semoga dapat memperkaya dan mempererat tali kasih diantara pomparan Raja Panjaitan. Kritik perbaikan dan pelurusan akan sangat bermanfaat bagi kita generasi muda. HORAS.

    • Horas,

      Saya dari Paung Batara Guru

  3. Saya keturunan dari SiJorat Paraliman dan bukan ada sebutan Raja didepannya…..Sanggak Nai Borngin dan turun ke keturunan Tuan Di rumah…saya Panjaitan No 16….dan yang saya mau tanyakan kenapa tarombo Panjaitan selalu di pakai Tarombo Panjaitan SiTorang…karena kalian semua belum tau masalahnya, apa Tarombo dari Matio…..????

    • Pasmai, ae tung massai godang dope naso mambota tarombo on
      jala sai holan Tarombo Panjaitan Sitorang on do na dipakke…
      molo au attar huboto do permasalahan na on bah…

      Horas ma berarti rap Tuan DI Rumah do hape hita…

    • Tuan dirumah?? berarti tubu ni Br Hutapea ripe parjolo kan?

    • Kalau memang ada torombo versi lain tolong diulas disini karena kali ini saya mendengar kalau selama ini tarombo yg ada tarombo sitorang.
      Jadi dimohon tolong di upload tarombo yg ada yahu janganlah memunculkan issu,tolong direspon kalau sdr betul Pandjaitan.

      • Sorry baru sekarang bisa membalasnya, saya pasti akan upload suatu saat nanti.

        Hal tersebut bukan issu & memang benar adanya.
        berarti setelah saya respon komentar ini saya betul Panjaitan yah??? hehehehe

    • Horas, Tuan dirumah juga toh? sama kalau begitu, dari Tuan Dirumah saya turun menjadi ke Op Mendur lalu Raja Bortung.

  4. Horas…

    saya keturunan raja si jorat,No.14 abang saya menelusuri tarombo atau nomor ke bona ni pasogit. yaitu Toru Nagodang. disana ditemui salah seorang ompu yang memegang Pusaka Raja panjaitan. dan tarombo panjaitan ada di tulis di rumahnya beserta pusaka opung kita yg dulu. abang saya mlm itu bermimpi kalau dia di datangi oleh kakek membawa tombak dan pagi itu di ceritakan kepada ompu itu. dan dia masuk ke kamarnya dan bertanya apakah tombak yg dimaksud dalam mimpi itu ini ? dia menunjukkan tombaknya sama seperti dalam mimpi itu, dan menjelaskan ciri2nya. nah disana dia tau kalau itu benar opung itu adalah opung kami. disana dijelaskannya tarombo mulai dari raja panjaitan. dan sejarah kami bisa ke siabal-abal – sipahutar. dari sana abang saya membawa tarombo yg di tulis oleh abang saya dan ditanda tangani oleh ompu itu.semula bapak saya tidak tau nomornya yg dia akui no.16 setelah di cek ke torunagodang ternyata kami adalah generasi ke 14.sekarang sudah saya masukkan kedalam komputer. cuma saya agak bingung kenapa banyak orang yg asal saja buat nomornya. tanpa mengetahui atau mencari jejak ompu kita dulu, misalnya dengan pulang ke bona ni pasogit (biar lebih jelas) karena kalau di tanya sama opung kita yg merantau, mrk kadang berbohong krn alasan tertentu.misalnya krn melarikan diri dari bona ni pasogit karena kasus. untuk menutupi siapa dia sebenarnya terpaksa dia merubah sedikit jati dirinya. kami setelah di cek ke bona ni pasogit, ternyata sejarahnya karena ompu kami menikahi Br.Siagian jadi melarikan diri ke siabal-abal.. he..he…cuma dulu tidak pernah diceritakan mereka, jadi krn mrk mengikuti panjaitan yg ada disekitar si pahutar terpaksa mrk memundurkan no mereka dan tidak mencatat garis keturunan dari atas lagi..he..he..Coba di Cek Pra ke bona ni pasogit.. temui ompu pewaris atau raja yg memegang Pusaka ompung kita dulu. demikian Info dari saya Tks

  5. Terimakasih sauradaru..
    Aku Djulkifli Panjaitan dari Turunan :
    1 Raja Panjaitan
    2 Raja Situngo Panjaitan
    3 Raja Dogor Panjaitan
    4 Raja Siamporing-1 Panjaitan
    5 Raja Sisiang Panjaitan
    6 Raja P Lipan-1 Panjaitan
    7 Raja P batu Panjaitan
    8 Raja Pangontak Porang Panjaitan (opung bapak saya )
    9 Raja Pahelem Panjaitan ( opung saya )
    10 M Nasir Panjaitan (bapak saya)
    11 Djulkifli Panjaitan (saya)
    12 Zulfadly Panchani Panjaitan + Zulfirman Panchani Panjaitan , ( anak-anak saya )

    Mohon pelurusan dan perbaikannya, saya yakin masih ada kesalahan2 terutama dalam penulisan nama opung2 kita tsb

    salam untuk semua


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: