Ukur Barometer Kebugaran Anda Dengan Push Up


…latihan yang begitu simpel memang tetapi kadang malas, karena baru  melakukannya hingga 25 kali hitungan sudah capek neh lengan:-)

– Jawaban –

Push up adalah aktivitas umum bagi mereka yang senang pergi ke pusat-pusat kebugaran dan berfitness ria. Tahukah Anda bahwa sebenarnya push up juga dapat digunakan sebagai barometer kebugaran yang paling sederhana, mudah dan paling cepat. Melakukan push up dapat menguji seluruh tubuh, mengatur otot di lengan, dada, perut, pinggul dan kaki.

Aktivitas push up mengharuskan tubuh tegang seperti papan dengan jari kaki dan telapak tangan di atas lantai. Gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mengangkat dan menurunkan berat badan sesungguhnya memerlukan kekuatan dan daya tahan yang prima untuk melakukannya sampai berkali-kali.

Banyak orang yang tidak dapat melakukan push up. Kebanyakan para ahli kesehatan dan kebugaran bahkan memfokuskan kebugaran pada tubuh bagian atas, seperti aerobik yang menekankan kebugaran kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Push up bagi orangtua ternyata sangat penting. Kemampuan untuk melakukan push up lebih dari satu kali dengan sikap sempurna mengindikasikan kapasitas seseorang untuk melawan efek penuaan. Para peneliti yang mempelajari mengenai biomekanisme penuaan menemukan bahwa push up dapat memberikan kekuatan dan kemampuan otot untuk menahan saat tubuh terjatuh.

Bila seseorang terjatuh ke depan, secara refleks ia akan mempertahankan diri sehingga akan menghasilkan suatu gerakan yang serupa dengan push up. Tangan akan menyentuh lantai, pergelangan tangan dan lengan akan menyerap dampak jatuh, posisi siku yang sedikit bengkok akan mengurangi gaya karena jatuh.

Bila sudah begini, ada baiknya Anda mulai berlatih push up sejak saat ini dan kebugaran pun akan Anda peroleh.

******************************************************************

Jenis olah tubuh yang satu ini memang gampang-gampang susah. Kalau dilihat sekilas, sepertinya sepele sekali, cukup naik dan turunkan badan dibantu oleh otot tangan. Padahal kalau tidak dilakukan secara benar, manfaat push up tidak akan terlalu banyak berpengaruh lho!

Tips push up yang benar adalah :

  1. Posisi tangan agak lebar di lantai, dan kaki bertumpu pada ujung jari, sehingga tubuh bisa ditopang dengan sempurna selurus mungkin.
  2. Buang napas sambil menekukkan sikut dan turunkan posisi bahu sampai tekukan sikut membentuk sudut 90derajat.
  3. Kemudian dorong bahu ke atas sambil menarik napas hingga tangan lurus, tapi pastikan posisi sikut tidak terlalu kaku agar mudah ditekuk kembali.

Cobalah untuk melakukan 2 set dengan repetisi 10-12 kali tiap set-nya. Ingat, jangan luruskan sikut terlalu kaku. Usahakan posisi kepala sejajar dengan punggung (jangan mendongakkan kepala ke depan) agar posisi tulang belakang tetap netral. Push Up berguna untuk melatih otot dada, trisep dan otot pundak.

Sumber: media sehat

Published in: on 10 Maret 2010 at 11:10 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://mdpanjaitan.wordpress.com/2010/03/10/ukur-barometer-kebugaran-anda-dengan-push-up/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: